SMOOTHIE BOWL



SMOOTHIE BOWL

Hi peacher!!!
Kali ini peach perfect akan membahas tentang smoothie ya…
Jadi, aku sering bikin smoothie ini buat sarapan. Smoothie sebenernya adalah buah buahan dan sayur sayuran yang diblender jadi kayak semacam minuman sehat atau juga teksturnya kayak nice cream atau bubur lembut gitu.
Emang diet harus makan smoothie ya? Ya enggak juga peacher, bukan karna diet lalu harus banget konsumsi smoothie, tapi aku suka aja bikin smoothie ini buat variasi menu sarapan, dan dengan konsumsi smoothie aku bisa memasukkan nutrisi yang banyak ke dalam tubuh. Jadi kayak vitamin, mineral, serat, yang baik buat tubuh bisa dikonsumsi lewat smoothie. selain itu karna smoothie bowl ini dibuat dengan buah buahan dan sayuran yang tinggi serat dan nutrisi jadi bikin kita bakana berasa kenyang kebih lama, terus suka aja karna udah tau kalau kita memasukkan bahan bakar yang baik buat tubuh khususnya di pagi hari, jadi tubuh kita bisa hepi dan bisa bekerja dengan lebih ringan dan mudah.
Sebenernya di luar sana banyak banget ya pro kontra masalah smoothie, ada yang mengatakan bahwa makan itu ya lebih baik dalam bentuk aslimya, buah san sayur dimakan mentah atau dimasak secukupnya aja, biar gak ilang nutrisinya, ada juga yang bilang kalau smoothie adalah makanan yang alkali jadi baik buat tubuh dan sebagainya, tapi menurut penelitian makanan alkali juga nggak menjamin kesehatan karena sebenernya tubuh memiliki mekanismenya sendiri untuk mengatur kadar keasaman dalam tubuh.
Well, kalau aku sih dari pada bingung apakah smoothie ini baik atau enggak dikonsumsi menurut ilmu pengetahuan, basicly menurut aku selama makanan itu halal, enak, bersih, dan terbuat dari bahan bahan alami yang kita sendiri tau dari apa asalnya ya….sah sah aja kan dimakan, selama kita hepi dan bisa menikmati, kalau gak suka ya jangan dipaksakan peacher. Tapi karna aku hepi bisa makan sayur dan buah yang banyak dalam berbagai variasi menu seperti smoothie ini, ya asik asik aja siiih konsumsi smoothie.
Oke deeeh langsung aja ke pembuatan smoothie yuuuk….
Jadi, aku suka banget bikin smoothie bowl. Bedanya sama smoothie adalah, si smoothie bowl ini tekturnya lebih kental, jadi seperti semacam es krim atau krim lembut gitu. Yang asiiknya jadi berasa kayak makan ice cream semangkuk penuh, tapi tanpa gula ataupun lemak dan kalori yang tinggi…haduuuh sukaaa….
Nah, kuncinya dalam membuat smoothie bowl yang anti gagal adalah dari perpaduan komposisi bahan bahan nya. Jangan terlalu banyak cairan biar kekentalannya menyerupai es krim.
Lalu base dari smoothie bowl adalah biasanya pisang yang dibekukan, atau frozen banana. Kenapa dibekuin? Agar ketika di blender dia akan jadi lebih creamy atau kental banget, sebagai pengganti es batu, karna kalau pake es batu dia akan mencair dan jadi lebih berair.
Kalau ga suka pisang, bisa diganti pake alpukat atau mangga, yang tektur nya juga creamy.
Selain itu juga ada beberapa buah yang bisa menambah kekentalan buat bahan smoothie bowl ini kayak melon, buah naga, nanas, apel, yang biasanya juga aq bekuin. Buah buahan ini menambah rasa manis alami juga jadi ga perlu dikasih pemanis tambahan kayak gula, atau madu atau maple syrup lagi dia udah manis aja dari buah2 an yang kita pake.
Kadang aku tambah kurma juga buat booster nutrisi mineral dan tambahan rasa manis caramel dari kurma nya. Biasanya aq pake 3 butir aja maksimal, dan direndam dulu di air ½ gelas selama 1 jam, atau masukin kulkas aja semalaman. Airnya juga bakal jadi manis dan bisa dipake sebagai cairan pas nge blender.
Selanjutnya bahan selain buah2 an adalah sayuran. Naah biasanya aku pake sayur2 yang rasanya agak netral, jadi ga bakal kerasa pas dicampur bahan lainnya. Misalnya bayam, brokoli, batang brokoli yang dikukus dulu, kembang kol kukus, pakcoy, atau wortel.
Terus bahan selanjutnya adalah liquid atau cairan nya, kita bisa pake air kelapa, air jeruk, air nabeez atau air rendaman kurma, atau susu (biasanya aq pake plant based milk aja kayak almond atau soymilk).
Habis itu kalau mau lebih kental lagi (optional) bisa ditambah oat atau flax seed atau chia seed, tapi aq jarang sih paling buat topping aja, secara harganya agak mehooong, wkwkkw….
Selain itu yang terkahir buat perasa aku kadang pake cacao powder buat rasa coklat, atau matcha powder buat ala alat greentea latte, atau vanilla, cinnamon powder, atau papermint extract buat rasa mint yang seger.
Habis itu bahan bahan toppingnya, bisa buah segar dan juga aneka kacang atau bijibijian kayak sunflowerseed, chia seed dan kawan kawan. Kenapa musti dikasih topping? Biar ada rasa kayak kriuk2 manis dan crunchy aja pas dimakan. Kenapa musti di hias kayak karya seni?? Biar seruu hepi aja liatnyaaa, hihihi, secara ada yg bilang “we eat with our eyes”
Ok, berikut beberapa resep smoothie bowl kesukaan aku yaaa….

CHOCOLATE SMOOTHIE BOWL


1 pisang beku (ambon atau sunpride yg gedhe, tapi kalau pakai pisang local biasanya aq pake 3 buah pisang raja yg besar2)
½ apel atau ½ cup nanas
Kira2 1 atau 2 genggam sayuran, bisa batang brokoli, atau bayam, atau sawi.
1 sdm cacaco powder
Sejumput vanilla powder
100 ml susu
Cara bikin :
Blender semua bahan, usahakan penempatannya ke blender dimulai dari yg cair dan mudah di blender dulu, jadi susunya dulu, baru sayuran, terus frozen fruits nya.
Tips : kalau blender berhenti atau macet gak mau muter, jangan bingung ya, matikan aja blendernya sebentar, buka tutpnya dan bantu putar dengan menggunakan sendok. Biasanya karna bayem atau bahan lainnya nyangkut aja di pisaunya, yang gak akan terjadi kalo kamu pake blender super semacam vitamix.... (hiks blender idaman akuuuh), kalau udah tutup lagi dan nyalakan blendernya. Biasanya sih bisa sampe 3 atau 4 kali berhenti, ga papa sih nikmatin aja perjuangannya, wkwkwk…
Jadiii deeeh…
Bisa di topping suka suka dengan fresh strawberry dan aneka seed.

GREENTEA SMOOTHIE BOWL



1 buah pisang beku
Segenggam melon beku
1 atau 2 genggam sayuran (bebaas siiih…)
1 sdm matcha powder
1 buah kurma
100 ml air rendaman kurma
Cara bikin :
Blender semua bahan, ikutin tips di awal tadi ya…
Jadi deeh, bisa ditopping suka suka.
Untuk rasa mint tea, kamu bisa tambahkan setetes aja loh ya peppermint extract dan rasanya bakalan kayak minttea ice cream dingin2 seger gitu.


FAIRY TALE SMOOTHIE BOWL
(apaan sih namanya, huhuhuhu…)


1 frozen banana
1 cup frozen pitaya (buah naga)
1 cup frozen melon
Segenggem sayuran, aku pake cauliflower kukus yang udah dibekuin, jadi dia ga mengubah warna ya secra kita mau warnanya ke ungu2 an gitu)
100ml soymilk (unsweetened)
Cara bikin :
Blender semua bahan, masukin buah naganya bertahap aja, sampai kita dapat warna pink atau ungu muda yang cute gitu, hehehe, soalnya kalo kebanyakan bisa jadi ntar warnanya malah jadi ungu tua yg agak spooky gitu deeeh…
Jadi deeeh, siap di topping aneka buah segar atau berbagai seed.

YELLOW SUNSHINE SMOOTHIE BOWL


1 frozen banana
1 cup frozen mango
1 cup frozen pineapple
100 ml air kelapa
Segenggam tangkai brokoli atau kembang kol yang di kukus (ini tuh life hack ya buat memanfaatkan batang brokoli atau buka kol biar gak dibuang percuma, karna sebenernya kandungan gizinya juga cukup tinggi loh)
Cara bikin
Blender semua bahan, sampe jadi ice cream lembut. Terus topping suka suka. Jadi deeh…
Ini tuh rasanya segerbanget ala ala nuansa tropical land gitu deh, secara ada pisang mangga nanas dan air kelapa nya….

CARROT CAKE SMOOTHIE BOWL


 1 frozen banana
1 cup wortel (bisa direbus bentar 5 menit biar agak empuk dan manisnya keluar, lalu bekukan)
1 cup frozen red melon (melon yg warnanya dagingnya agak merah orange)
100 ml almond milk
1 sdt cinnamon powder
1 buah kurma yg udah di rendam air biar lembut
Cara bikin :
Campur semua bahan, terus kasih topping suka suka.
Ini enak banget siih kayak carrot cake gitu, manis sedep, favorit banget deh.

Okeee segitu dulu yaaa peacher resep2 smoothie bowl ala peachperfect. Jangan lupa kunjungi instagram peachperfect https://www.instagram.com/peachperfect_page/?hl=id buat resep2 sehat lainnya.
Bye…

Komentar