Serba Serbi CHIA SEED



SERBA SERBI CHIA SEED


Hi peacher
Senang banget bisa nulis lagi…
Kali ini aku mau share tentang chia seed.
Apa sih chia seed itu?


Sebelumnya harus digaris bawahi bahwa mengkonsumsi chia seed gak bisa bikin kurus seketika ya peacher, artikel ini bukan hoax yang tanpa reaserch jelas lalu  meramu resep makanan penurun berat badan ya… hehehe… so, chia seed bukan obat diet!!!
Oke, lanjut, jadi Chia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L.Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada chia seed meliputi karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinczat besi, magnesium, dan tembaga. Chia seedjuga mengandung sejumlah antioksidan kuat, seperti asam klorogenik, asam caffeicquercetin, dan kaempferol. Senyawa antioksidan ini berperan penting dalam membantu tubuh memerangi penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. (www.alodokter.com)

Dari aplikasi penghitung kalori “fat secret” 1 sdm chia pudding kira kira sebanyak 20gr, mengandung 98 kcal.

Nah, kenapa aku konsumsi chia seed? Bukan semata mata karna “katanya” chia seed bisa menurunkan berat badan, soalnya basicly semua makanan atau minuman pastinya mengandung kalori yang jika jumlahnya tidak dikontrol akan bisa menaikkan berat badan juga, apapun itu. Aku konsumsi chia seed sebagai alternative variasi sumber makanan pokok aja kok. Selain itu juga karna chia seed mengandung banyak nutrisi yang baik buat tubuh, dan juga serat yang tinggi jadi melancarkan pencernaan dan bikin kita jadi kenyang lebih lama. Dan juga lagi….karna chia seed ini unik banget, dia bisa menyerap cairan dan mengental menjadi semacam bubur atau pudding yang kalau dicampur sama buah buahan manis atau cacao powder atau sejenisnya bisa jadi santapan yang enaaak banget gaees… seru deh…. Dan serunya lagi mengolah chia pudding itu gampang banget, soalnya gak perlu pake acara “memasak”, dan bisa jadi menu yang variatif banget. Bisa jadi alternative resep dessert sehat yang menyenangkan, sarapan, atau snack, secara aku tuh bosenan yah, jadi berusaha sekreatif mungkin biar diet jadi seru dan gak ngebosenin.
Benar, sumber serat bisa dari berbagai buah dan sayur local yang ada banyak di sekitar kita. Bener, semua manfaat chia seed juga bisa ditemukan di sumber makanan lain, jadi gak yang “harus” banget makan chia seed ketika diet gaees, seriously….
Nah, kalau kamu pengen nyobain chia seed buat keseruan hidup sehat kamu biar ga gampang bosen, peachperfect akan kasih kamu resep2 variasi olahan chia seed yaa…
Sebenrnya untuk bisa dapetin tekstur chia pudding jadi kental dan mengembang itu caranya gampang banget, cukup campurkan biji chia dengan cairan apapun, tapi kalau bisa susu atau jus supaya dia kental dan creamy, aduk dan diamkan bebrapa jam atau semalaman di kulkas. Jadi deh….
Ooke yuk kita ke resep.
BASIC CHIA PUDDING




Bahan :
2 sdm chia seed
250ml susu, boleh susu no fat, atau low fat, atau plant based milk kayak susu kedelai dan susu amond itu lebih aman jika akan di simpan semalaman di kulkas.
Kalau susu nya udah manis, ga perlu di kasih tambahan pemanis ya, tapi kalau belum, bisa ditambah pemanis, aku biasanya pake madu aja ½ sdm, atau gula semut 1 sdm.
Aduk rata, dan masukkan ke dalam kulkas semalaman.
Besoknya, keluarkan dari kulkas dan adonan chia nya akan mengental creamy mirip semacam bubur gitu deh…


Terus kamu bisa creative sendiri peacher, chia puddingnya bisa dituang ke mangkuk dan disantap dengan berbagai macam buah buahan segar yang bisa menambah rasa dan juga manis dari hidangan sarapan sehat kamu atau granolla favorit kamu.

GREENTEA CHIA PUDDING


Bahan nya masih sama,
2 sdm chia seed
250ml susu (bebas susu apa aja)
Plus, 1 sdt matcha powder
1 sdm gula semut
Campurkan semua bahan dan diamkan di kilkas semalaman, lalu nikmati bersama granola atau buah segar kesukaan kamu,

Nah, selain jadi chia pudding chia seed ini juga bisa jadi topping buat smoothie bowl atau yogurt bowl kamu peacher, jadi bisa langsung dimakan gitu aja.
Kalau mau tau resep smoothie bowl anti gagal yang bisa jadi creamy lembut kayak ice cream gitu, udah ternah tayang yah di blog aku, di sini :



Biasanya aku beli chia seed ini secara on line peacher, ada banyak kok di semua market place biasanya udah ada, aku share link untuk pembelian chia seed organiknya ya, di :

Jangan lupa ke instagram peachperfect di :
Untuk beberapa resep sehat lainnya.
Oke sigutu dulu ya… bye…



Komentar

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover

    Balas

    BalasHapus

Posting Komentar