BROWNIES RENDAH KALORI


BROWNIES RENDAH KALORI
(refine sugar free, tanpa tepung terigu, tanpa butter)



Hi peacher!!!
Siapa siih yang ga suka brownies, ya kaan… cake coklat yang manis, lembut, pokoknya bikin nagih deeh… tapi ampuuun deh kalorinya tinggi sekali, belum lagi jika ditambah dengan topping atau icing gula yang super manis, wah pasti nambah banyak deh kalorinya.
Gak masalah sih kalau emang lagi pengen atau sedang dapat oleh2 dari saudara, pastinya dimakan aja ya, karena itu rejeki, intinya, jangan berlebihan. Tapi kalau peacher lagi ada banyak waktu senggang dan pengen bikin sendiri brownies yang rendah kalori, rendah gula, dan tinggi nutrisi, resep kali ini bisa jadi solusi. Di bawah ini, ada ilustrasi perbandingan kalori dari brownies kita dengan brownies regular. 


Untuk 500gr brownies rendah kalori hanya mengandung kalori sebanyak 531 kcal, sedangkan 500gr brownies regular mengandung kalori sebanyak sekitar 1800kcal. Waah lumayan ya peacher, kita bisa cut banyak kalori, dan brownies ini tidak mengandung gula yang tiggi, dibuat dengan karbohidrat kompleks, sehingga gak bikin insulin spike.
Oke, langsung aja ya….

Bahan bahan :


Oatmeal 1/2 cup atau 140 gr, dihaluskan dengan blender hingga menjadi tepung, TIPS agar menghasilkan tepung oalmeal yang lembut untuk dibuat cake : 

ayak dengan ayakan tepung hingga didapatkan tepung yang lebih halus, (setelah diblender dan di ayak jadi 110gr tepung oatmeal, tergantung kelembutan oatmeal dan kerja blender masing masing).
Labu parang, sudah dikukus dan dilembutkan, 1 ½ cup, atau 300 gr.
Cocoa powder 3 sendok makan atau 30 gr
Telur 1 butir
Apel 100 gr, kupas kulitnya, kukus hingga empuk, dinginkan, lalu lembutkan (applesauce).
Gula semut 2 sendok makan atau 10gr
Baking soda ¼ sdt
Baking powder ¼ sdt
Garam ¼ sdt.

Cara membuat :

1.   Panaskan oven suhu 180°C
2.  Olesi Loyang dengan olieve oil, akau pakai Loyang kotak panjang ukuran 21cm x 7cm, tapi bebas sih peacher mau pake Loyang yang bentuknya lingkarang juga bisa, lalu lapisi dengan kertas roti, pastikan kertasnya dipotong tinggi melebihi Loyang, agar cake nya mudah di ambil.
3.  Campurkan bahan bahan kering : tepung oatmeal, cocoa powder, garam, baking sode, baking powder, gula semut, aduk rata).


4.  Selanjutnya, tambahkan bahan bahan basah, labu, telur, dan applesauce, aduk merata.
5.  Masukkan adonan ke dalam Loyang.
6. TIPS MEMBUAT MOTIF MARBLE DI ATAS CAKE  


  Untuk membuat motif marble di atas cake, kita memakai peanut butter. Cairkan ½ sdt peanut butter dengan 1 sdm air putih, aduk hingga agak encer. Kemudian, sendok dan tuang ke atas adonan cake. Ambil pisau, dan goreskan ujung pisau ke atas adonan melewati selai kacang, hingga terbentuk motif marbel yang diinginkan. Di bawah ini adalah video untuk membantu peacher memahami dengan lebih mudah :

7.  Masukkan Loyang ke dalam oven dan panggang dengan suhu 180°C sampai matang, kalau aku kira2 50 menuut, tapi tergantung oven masing2 ya, untuk cek kematangan brownies, ambil tusuk gigi, tusuk brownies dengan tusuk gigiu, jika sudah tidak ada adonan yang menempel, tandanya brownies sudah cukup matang.
8.  Angkat brownies dari oven, dinginkan.
9.  Kelurkan brownies dari Loyang, lalu hidangkan.


Demikian resep bronies rendah kalori kali ini. Semoga bermanfaat ya…kalau peacher bikin brownies ini dan berhasil, bisa foto dan tag akun instagram peachperfect, ditunggu


Komentar