cara membuat "no-fat yogurt" sendiri


Home made NO FAT Yogurt – sugar free



Hi peacher!!
Welcome to peach perfect…
Kali ini aku mau share tentang cara membuat yogurt tanpa lemak sendiri, lebih murah dan enak banget pastinya… oke langsung aja…
Sebelumnya yuk kita pelajari, apa sih yogurt itu dan apa saja manfaatnya untuk tubuh kita?
Yoghurt banyak yang menjadikannya sebagai menu diet yang sangat amat digemari. Yoghurt memiliki rasa asam yang khas, karena yoghurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan kenyal. Saat ini banyak varian yoghurt dengan tambahan buah-buahan, sehingga tidak hanya manfaat yoghurt yang diperoleh namun manfaat buah-buahan sebagai pelengkapnya juga didapatkan.
Sejumlah kandungan yoghurt seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan juga vitamin B12 membuatnya bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.
Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan
Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan protein dan kalsium pada tulang. Hal ini juga dapat membantu menyehatkan pencernaan hingga menghindari terjadinya darah tinggi. Manfaat yogurt ini terdapat dalam yoghurt favorit anda seperti Yunani yoghurt, kedelai organik dan sebagainya. Berikut ini manfaat yoghurt untuk kesehatan ((fitnessmagazine.com,10 Surprising Health Benefits of Yogurt)) :

1. Sarat Vitamin
Yoghurt adalah sumber signifikan dari kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. “Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk hewani, seperti daging ayam dan ikan, sehingga seorang vegetarian mungkin sulit untuk mendapatkannya,” kata Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasihat fitness dan penulis Big Green Cookbook.
Makan lebih banyak yogurt dapat membantu mengurangi kesenjangan nutrisi: Seporsi yoghurt (8 ons) menyediakan yaitu 60% kebutuhan vitamin wanita dewasa.

2. Mencegah Darah Tinggi
Setiap hari sekitar 70 persen dari kita, mengkonsumsi lebih dari dua kali jumlah garam yang disarankan. Hal yang dilakukan dari waktu ke waktu ini dapat menyebabkan hipertensi dan ginjal. Kalium dalam yogurt, dapat membantu membuang kelebihan sodium keluar dari tubuh.

3. Menyehatkan Gigi
Meskipun yoghrt mengandung gula tapi tidak menyebabkan gigi berlubang. Asam laktat dalam yogurt juga ada untuk memberikan perlindungan gusi. Orang-orang yang makan setidaknya dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

4. Makanan berprotein tinggi
Yogurt dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Yogurt Yunani dibuat lebih tebal dan memiliki 20 gram protein per porsi. Sedangkan  yoghurt tradisional sedikitnya memiliki 5 gram protein. Jika mungkin anda membutuhkan protein, cari merek yang menyediakan sekitar 8 sampai 10 gram protein per porsi.

5. Membantu Pencernaan
Prebiotik (bakteri menguntungkan) dalam beberapa yogurt menyeimbangkan mikroflora dalam usus Anda, yang dapat membantu pencernaan serta menjaga Anda biasa, kata Robin Plotkin, RD, seorang ahli kuliner dan gizi. Namun pastikan yoghurt favorit anda, mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (CFUs) budaya hidup.

6. Pencegahan Osteoporosis
” Gizi yang cukup memainkan peran utama dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, dan mikronutrien terbesar adalah kalsium dan vitamin D, ” kata Jeri Nieves, PhD, MS, direktur of bone density testing di Rumah Sakit Hayes Helen New York.
Manfaat susu memang mengandung banyak kalsium, yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan bagi kepadatan massa tulang di segala usia. meskipun hasilnya tidak selalu konsisten, kata Nieves, juga asisten profesor epidemiologi klinis di Columbia University.

Asam laktat  menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K yang terdapat pada manfaat yoghurt juga membantu metabolisme tulang agar berjalan dengan baik.

kunjungi facebook peachperfect beauty page di https://web.facebook.com/peachperfect.beautypage untuk mengatahui tentang "manfaat yogurt untuk rambut dan kulit cantik". di sana akan aku share gimana caranya peacher bisa memanfaatkan yogurt untuk mengangkat sel kulit mati, memerangi jerawat, menyembuhkan kulit terbakar, dan mengatasi rambut rontok, lengkap dengan resep resep membuat home made masker dan scrub alami dari yogurt, dan dengan home made yogurt tentunya akan lebih baik hasilnya karena lebih alami tanpa bahan bahan dan proses kimia berlebih.

Oke, selanjutnya aku akan share cara mudah berdasarkan pengalaman aku untuk bikin Yogurt sendiri di rumah, dengan peralatan dan bahan bahan di sekitar kita.

BIKIN HOME MADE NOFAT YOGURT SUGAR FREE

Untuk bikin yogurt “no fat” kita musti pake susu “no fat” atau SKIMMED MILK, skimmed milk adalah susu yang diolah dengan proses sentrifugal separator. 
Proses ini bertujuan menghilangkan lemak sehingga kandungan lemak di bawah 0,1 persen, dengan kata lain, kandungan lemak pada susu jenis skimmed milk nyaris nol. 
Susu low fat juga merupakan susu yang rendah lemak. Namun, kandungan lemaknya lebih tinggi daripada skimmed milk. Kandungan lemak pada susu low fat rata-rata sebesar 1,1 persen. 

Selain menggunakan susu skimmed milk, susu yang digunakan untuk membuat yogurt harus yang fresh milk ya, yang kemasan karton, dan di “display” nya biasanya di lemari pendingin di supermarket, bukan susu UHT kemasan seperti ultra milk dan sejenisnya, karna itu beda peacher, nah apa ya bedanya?

Perbedaan kedua susu tersebut ada pada proses pembuatannya. Untuk susu UHT biasanya dipanaskan dengan temperatur yang lebih tinggi daripada susu pasteurisasi.
Biasanya, susu UHT dipanaskan dalam suhu 138 derajat celsius selama kurang lebih 2 detik sehingga mikroorganisme yang ada pada susu akan hilang semua. Maka itulah, susu ini kerap disebut sebagai susu steril. Sedangkan pada proses pembuatan susu pasteurisasi, susu dipanaskan pada suhu 72 derajat celsius selama 15 detik. Pada susu pasteurisasi, tidak semua mikroorganisme dimatikan namun hanya beberapa saja, terutama yang menyebabkan penyakit.
Biasanya susu pasteurisasi hanya bisa dikonsumsi sebelum tanggal kedaluwarsa atau sekitar 1-2 minggu sejak tanggal produksi. Sedangkan susu UHT bisa diminum dalam waktu yang lebih lama, sampai kurang lebih 6 bulan-1 tahun. Untuk penyimpannya, pacher bisa menyimpan susu UHT di dalam ruangan atau di dalam lemari es. Sedangkan untuk susu pasteurisasi, peacher wajib menyimpannya di dalam kulkas. 
Lalu, manakah yang lebih baik untuk dikonsumsi dari kedua jenis susu cair ini? Jawabannya, Susu pasteurisasi tentu jauh lebih baik dari susu UHT. Karena prosesnya dapat membantu mempertahankan nutrisi yang baik dari susu segar.
Nah, sudah tau ya perbedaab susu UHT cair dengan FRESH milk ? yuk langsung ke proses pembuatan no fat yogurt.



Bahan :
Skimmed milk Greenfield atau diamond 1000ml
Yogurt plain kemasan kecil, aq pake merek bio kul 1 kemasan

Perlengkapan :
Mason jar/toples kaca
Lampu pijar
Kardus bekas Aqua gelas atau sejenisnya
Selimut

Cara bikin :
siapkan mason jar Didihkan air sepanci besar Rendam mason jar di air mendidih.
sementara itu, Masak susu di panci dengan api kecil sampai suhunya 37 cel atau kayak suhu tubuh kita, kalau punya termometer bisa diukur pake termo kalo ga ada ya ambil aja pake sendok terus dirasain pake jari kalo suhu sama kayak jari kita saatnya dimatikan apinya, Terus masukin yogurt bio kul nya, dan aduk rata.
Masukkan ke mason jar, Aq bikin pake mason jar yg 500an ml 2 buah, yg satu aq bikin plain sugar free, yang satu aq campur gula semut 3sdm, Terus tutup rapat, Selimutin pakek selimut anget masukan ke dalam kardus dan angetin pake bohlam lampu kuning, tutup kardus dan diamkan selama 15 jam.
Jadiii deeeh...


Simpan yogurt home made nya di kulkas dan bisa tahan 1 sampai 2 minggu, kalau udah mau habis, peacher bisa menggunakan yogurt home made yang tersisa sebagai starter untuk bikin yogurt selanjutmya, jadiii gak usah beli yogurt lagi deeh, lebih hemaat....

Nah peacher, di bawah ini adalah contoh menu menggunakan yogurt, gambar yang atas mengunakan yogurt nofat sugar free reguler yang kita buat dengan resep tadi, sedangkan gambar di bawah adalah versi "greek yogurt" dari yogurt kita. terlihat kan perbedaan nya peacher, yogurt reguler dan greek yogurt? untuk greek yogurt tekstur nya lebih kental, creamy, seperti ice cream. nah, gimana caranya membuat greek yogurt dari home made yogurt kita? bakal aku share di postingan berikutnya ya... pantau terus blog dan instagram peachperfect...



Yogurt home made ini lembuut banget peacher, daaan gak terlalu asem kayak yogurt plain yang biasanya aku beli, asemnya sebatas seger aja. Selain tanpa lemak, dia juga sugar free untuk yang plain, jadi aman banget dikonsumsi ketika diet atau pun untuk makanan sehat keluarga. Karena tanpa lemak, kalori yogurt ini menurut aplikasi fat secret 100 gr nya hanya mengandung 56kcal aja peacher, dan 100 gr yogurt itu banyak looh, asiiik.... kunjungi instagram peachperfect di https://www.instagram.com/peachperfect_page/?hl=id untuk mendapatkan beberapa inspirasi menu makanan untuk menyantap yogurt kita dengan cara yang asik….
Bye…

Komentar