home made almond milk (cara bikin susu almond sendiri, lebih murah dan mudah)


Home made almond milk
(cara bikin susu almond sendiri, lebih murah dan mudah)

Hi… peacher!!!


Kali ini aku akan bahas tentang almond milk atau susu almond. jadi, aku konsumsi susu almond sebagai pengganti susu sapi atau susu kedelai ketika ingin minum susu atau baking dengan menggunakan susu, dengan kandungan gizi sesuai yang aq butuhkan, yaitu lebih ringan di kalori.

Segelas susu sapi mengandung sekitar 122 kcal dan segelas susu kedelai mengandung 127 kcal, sedangkan segelas susu almond mengandung hanya 40 kcal saja saudara saudara sejagad raya….hore bangeet nggaak siiih…
Di bawah ini adalah ilustrasi perbandingan kandungan kalori dan gizi susu almond dengan susu sapi dan kedelai, diambil dari data base aplikasi penghitung kalori fat secret.



Kemudian, kenapa aku bilang lebih murah? Ya, kalau kita bikin susu almond sendiri maka harganya akan lebih hemat, bahkan dibandingkan dengan kalau kita beli susu kedelai atau susu sapi, Kok bisa?
Jadi, untuk membuat susu almond bahan yang diperlukan adalah kacang almond. 250 gr kacang almond harganya kurang lebih 50 ribu. Aku biasa beli di toko bahan kue di Jogja, nama tokonya adalah INTISARI alamatnya di Jl. Doktor Sutomo No.29, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211 peaacher yang tinggal di Jogja bisa mampir ke INTISARI kalau mau cari almond ,lengkap dalam berbagai bentuk, ada whole almond, almond sliced, tepung almond bahkan ada juga almond mllk. Di bawah ini aku share juga kalau peacher pengen beli biji almond secara online :



Untuk 250gr kacang almond kita bisa bikin 3 batch almond milk, setiap batch nya kira kira sebanyak 1 liter, jadi setiap 1 liter susu almond diperlukan kurang lebih 17ribu rupiah saja (nggak jauh beda sama susu sapi ultra milk kan?), sedangkan kalau kita beli susu almond yang udah kemasan karton 1 lt nya bisa sampai 50rb rupiah. Dan untuk susu sapi segar karena dibandingkan dengan fresh almond milk juga, maka misalnya merk diamond, fresh milk nya bisa mencapai harga 25rb per liter. Sedangkan untuk susu kedelai merk vsoy mencapai 25rb untuk 1lt susu. Waaah…ternyata bisa lebih irit yaaa….hehehe…

Selain itu juga, almond milk lebih aman dari pada susu kedelai karena kadang kedelai yang beredar di pasaran merupakan kedelai dengan produk GMO atau modifikasi genetic yang dipercaya dikaitkan dengan penyebab berbagai macam kanker seperti kanker payudaya, kecualiii produk kedelai organic yang non GMO, maka aman dikonsumsi jangka panjang. Nah, dari pada pusing dan ribet mikirin apakah susu kedelai ini pake kedelai non GMO atau enggak, lebih gampang konsumsi susu almond aja yang sudah jelas aman.

Oke, sekarang kita langsung bahas cara pembuatannya ya…
Bahan :
1 cup kacang almond utuh (atau sekitar 80gr)
1000ml air putih matang
Cara bikin :


Rendam kacang almond dalam air bersih selaman, atau 8 jam kurang lebih.
Pastikan seluruh bagian kacang terendam air.
Lalu, buang air rendaman almond, dan cuci bersih kacanng almond nya. Di sini peacher bisa melihat bahwa kacang almond yang sudah direndam selaman berubah menjadi lebih besar atau agak mengembang.
Lalu, masukkan almond ke dalam blender, masukkan air putih sebanyak 1000ml.
Selanjutnya blender almond dan air hingga berwarna putih susu, kira kira 10 sampai 15 menit.
Setelah itu, matikan blender dan saring susu almond dari ampas almond dengan menggunakan kain bersih atau saringan keju.
Susu siap dinikmati.

Biasanya aku simpan susu almond dalam botol dan dimasukkan ke kulkas, bisa tahan hingga kurang lebih 1 minggu (kalo nggak habis duluan heheh).
Oiya peacher, ampas bekas perasan susu almond nya jangan dinbuang lho, bisa disimpan di kulkas dan dimanfaatkan untuk bikin pancake atau cookies almond, di bawah ini ada ilustrasi pancake almond, yang aku bikin pakai kacang almond sisa perasan susu almond. enak deh ada gurih giruh almond nya gitu.

Untuk susu almond aq biasanya pake buat campuran aja, karena kalau diminum langsung memang rasanya ringan banget, atau nggak se creamy dan se kental susu sapi. Jadi aku pakai biasanya buat campuran minum kopi, atau matcha latte, atau untuk liquid ketika bikin smoothie, dan juga pas bikin chia pudding atau overnightoatmeal, resep2 yang harus direndam dalam susu semalaman, soalnya ga baik kan menyimpan susu sapi semalaman, karena rentan bakteri.






Susu almond banyak banget manfaatnya, salah satunya adalah susu almond merupakan sumber alami vitamin E, satu cangkir susu almond (240 ml) memberikan 20–50% kebutuhan vitamin E harian.
Vitamin E adalah antioksidan kuat yang memerangi peradangan dan stres di dalam tubuh, hal ini dapat Ini membantu melindungi peacher terhadap penyakit jantung dan kanker, dan juga baik pada kesehatan tulang dan mata.

Oke peacher sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat yaaa….

kalau udah berhasil bikin almond milk nya bisa posting di instagram dan tag akun ig peachperfect di @peachperfect_page ya..... 

byeee...




Komentar

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dalam banyak bidang salah satunya adalah jasa pembuatan Rainbow slide / perosotan warna warni.

    Rainbow Slide, juga disebut sebagai empat musim salju slide atau tabung Salju kering. Pelangi slide sebagai hiburan populer dalam beberapa tahun terakhir, adalah jenis proyek hiburan yang meniru ski dengan menggunakan bahan plastik halus yang dusebut juga PE/PP yang sangat aman digunakan untuk berbagai macam pembuatan wahana. Selain itu jenis bahan ini mudah dibersihkan dalam proses perawatannya.Dirancang sempurna untuk anak - anak dan balita. Sehingga anda tidak perlu khawatir anak anda akan mengalami cedera saat bermain. Memiliki warna-warna yang cantik dan sangat cocok diaplikasikan ditempat wisata seperti :

    Waterpark,
    Taman bermain,
    Playground, DLL.

    Jadikan usaha anda menjadi lebih menarik dan berbeda dengan yang lain
    Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran lebih lanjut di
    Wa/Telp : 0811-1252-0824 Rahma

    follow juga sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru :

    https://rainbowslidejakarta.blogspot.com/
    PINTESEST : rainbowslidejakarta
    TWITTER : SlideRainbow

    BalasHapus

Posting Komentar