home made peanut butter (tanpa minyak, tanpa gula tambahan)


Home made peanut butter
Selai kacang home made
(tanpa minyak, tanpa gula tambahan)

Hi peacher!!!
Seneng bangeeet bisa muncul lagi hari ini. Kali ini aq akan share resep selai kacang atau peanut butter buatan sendiri. Kalau kita bikin sendiri selai kacang kita, maka kita bisa bener2 pake bahan yang terbaik, dan gak menambahkan bahan bahan yang tidak perlu seperti gula tambahan, pewarna makanan atau pengawet. Rasanya lebih fresh daan gampang banget cara bikin nya.

Oke langsung aja.

Bahan yang dibuutuhkan untuk peanut butter atau yang sering disebut PB adalah tak lain dan tak bukan yaitu “kacang tanah”  500 gr aku pake kacang tanah yang sudah dikupas, beli di superindo 500 gr harganya Rp. 28.000, dan garam 1 sdt, udah gitu aja, bye… hihihi.



So, cara bikin nya adalah…

Panggang kacang tanah di oven yang sudah di pre heat dengan suhu 180 °C selama 15 sampai 20 menit.
Setiap 5 menit bolak balik dengan menggunakana spatula kayu, biar gak gosong.
Bisa juga disangrai di Teflon dengan api sedang dan dibolak balik agar tidak gosong.
Setelah agak kecoklatan dan baunya harum keluarkan dari oven dan dinginkan.
Siapkan blender, aku biasanya pake food processor biar lebih mudah hancur, tapi mungkin pake blender biasa juga bisa.
Masukkan kacang tananh panggang nya ke food processor lalu blender sampai lembut, masukkan garam dan belender sampai konsistensinya seperti butter. Kemungkinan butuh bebrpa kali berhenti karna food processor nya ga jalan, matikan aja dulu lalu buka dan bantu aduk dengan sendok, lalu nyalakan lagi. Gak perlu dikasih minyak atau air ya gaees karenaa si kacang ini akan mengeluarkan minyak alaminya dan bisa jadi lembut creamy dengan sendirinya tanpa harus ditambahn minyak atau cairan apapun.
Udah deh jadi, mudah kaan?

Aku biasanya simpan peanut butter ini di wadah toples kaca yang udah aq cuci pake air panas biar steril, dan ditutup rapat. Dalam suhu ruang PB ini bisa tahan hingga 1 bulan, udah aku cobain dan beneran masih bagus. Asal kita buka dengan tangan bersih, lalu selalu mengambil PB dengan sendok bersih dan segera ditutup lagi.




PB ini asik banget buat olesan segala macam roti, aq biasanya pake buat oles di roti gandum utuh buatan sendiri yang dipanggang sampe krispi. Bisa juga kita pakai PB buat salad dressing atau cocolan pas ngemil cookies atau apel juga enyaaak….

PB adalah sumber lemak baik yang bermanfaat buat diet kita, selain bisa buat ngejar ketinggalan kalori dikala lagi males makan tapi kebutuhan kalori kita masih di bawah BMR, atau juga bisa dimasukkan dalam menu makan kita dan berfungsi untuk menstabilkan gula darah, mecegah craving makanan manis, dan menjaga biar kita tetep kenyang lebih lama.
Selamat mencoba yaa…

Kasih tau aku kalo kamu udah coba dan berhasil, bisa share ke instagram peach perfect @peachperfect_page dan kasih tagar #pbpeachperfect
Makasiiiih udah mampir ke sini, have a nice day.

Komentar

  1. Saya dulu pernah bikin peanut butter. Tp lama2 kok minyaknya pisah dari padatannya yah? Minyaknya ngambang di atas.. Akhirnya saya sendokin tuh minyaknya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm...selama ini aku kalo bikin pb belum pernah demikian sist, sista pake kacang yg masih ada kulit arinya atau yang sudah dikupas? lalu disangrai atau di oven? trus masaknya berapa lama? :)

      Hapus
  2. 10-thread-tip-to-ten titanium screws - Titanium Art
    1:15. 0. 1.1. The 사이트 추천 tips will aftershokz trekz titanium work in a good way. 2:00. 1.1. The tips will work hypoallergenic titanium earrings in a good way. 3:00. 1.2. The tips titanium trimmer as seen on tv will work in a good way. nano titanium by babyliss pro 4:00. 1.2. The tips will work in a good way.

    BalasHapus

Posting Komentar