menu makan siang untuk diet

Menu makan siang untuk diet       
Part 1
( Karbohidrat kompleks, lean protein, good fat)



Hi peacher!!!

Seneng banget bisa ketemu lagi, kali ini aku mau bahas tentang contoh menu makan siang ku yang bisa membantu penurunan berat badan ya…
Jadi sebisa mungkin aku selalu memperhatikan komposisi makanan yang aku santap, biasanya terdiri karbohidrat kompleks kayak ubi, nasi merah, jagung, roti gandum utuh, pasta gandum utuuh, tortilla gandum utuh, atau quionoa. Karohidrat kompleks membantu kita buat merasa cepet kenyang dan juga kenyangnya itu lebih awet. Selain itu juga ada protein yang rendah lemak, biasanya aku pake dada ayam tanpa kulit, ikan, tahu, tempe, telur, atau daging sapi yang dipilih rendah lemak. Protein yang baik bisa membantu kita membentuk otot dan juga membantu memperbaiki sel sel tubuh yang rusak, serta buat daya tahan tubuh juga. Lalu lemak baik yang membantu menurunkan hunger hormone sehingga kita bisa merasa kenyang lenih lama juga. Oke, ini dia beberapa menu makan siang ku :

Yang pertama :


Ada nasi merah 150 gr
Tumis sayuran :
Tumis bawang Bombay, bawang putih, dan nanas sampai harum, minyak nya aku spray sedikiit banget aja ya sekitar ¼ sdt, dan aku pake olieve oil, nanas disini adalah sebagai bumbu, yang menambah harum dan rasa manis biar ga perlu pake tambahan gula lagi.
Selanjutnya masukkan dada ayam 50 gr masak hingga ayam matang, dan terkahir masukkan sayuran nya, aku pakai wortel baby corn dan terakhir sawi, lalu tambahkan garam, dan lada.
Untuk mempercepat kematangan wortel dan baby corn dan biar mereka matang menyeluruh caranya dalah dengan menambahkan 2 sdm air matang kedalam wajan, lalu tutup wajan dengan tutup kaca atau tutup panic biasa, diamkan 2 sampai 3 menit. Hal ini bisa mematangkan sayuran lebih cepet karena ada proses steam di dalam wajan yang ditutup.
Udah deh jadi…
Lauknya aku bikin telur dadar biasa aja, tanpa minyak, dimasak di Teflon, ditambah wortel kacang polong dan bawang Bombay, gak lupa garam dan lada.
Simple aja, dan aku prepare makan ini ga sampe 15 menit di depan kompor, gimana caranya kita bisa cepet pas masak makanan kita tanpa ribet? Aku akan bahas di next artikel tentang “meal prep” ya, tungguin aja…

Menu selanjutnya :


Ada ubi ungu dan tumis sayuran dan dada ayam.
Simple banget aja, aku bikin tumis sayuran:
Tumis bawang Bombay, bawang putih dan paprika merah dan kuning sampai harum, paprika disini juga menambah manis masakan, sama kayak nanas, lalu tambahkan dada ayam, disini aku potong kecil kecil, biasanya dada yamnya udah dikukus peacher jadi lebih cepet aja pas masak, lalu masukkan sawi hujau, lada dan garam, masak 2 hingga 3 menit sampai mateng semua. Jadi dehhh… simple banget.
Aku makan bareng ubi ungu rebus yang ditaburi lada garam dan mix seed untuk menambah protein dan rasa kriuk yang asik.

Menu berikutnya adalah :


roti gandum utuh yang di panggang di Teflon biar krispi dan anget, lalu aku bikin tumis sayur dan dada ayam :
tumis bawang Bombay, bawang putih dan nanas sampai harum, masukkan tomat yang dicincang halus, masak hingga tomat beber bener mateng, lalu tambahkan dada ayam, saus tomat 1 sdm, garam, lada, dan masak hingga matang. Simple banget kan…
Taburi daun parsley yang dicincang lembut, sajikan.


Itu tadi peacher inspirasi makan siang dari aku, kalau peacher akhirnya bikin salah satu menu ini atau dimodif sesuai selera dan hasilnya memaskan, bisa difoto dan tag aku di akun instagran peachperfect ya di @peachperfect_page, semoga bermanfaat, thanks for coming, bye….

Komentar