menu makan siang untuk diet (part 2 - masakan nusantara)



RESEP MAKSI UNTUK DIET
(PART 2)

Hi peacheeeer !!!
Kali ini aku mau share tentang inspirasi menu makan siang yang nuansanya Indonesia banget. Ada pecel modifikasi, dengan bumbu pecel home made oil free, ada rawon, pepes tahu, dan juga ikan panggang, oke langsung aja yuk kita ke resep nya….

PECEL MODIFIKASI


Ini sebenernya pecel biasa aja sih, hanya saja aq modifikasi bumbu pecel nya jadi agak lebih light ya, yuk langsung aja,
Bahan bahan bumbu pecel :
Home made unsweetened peanut butter 1sdm
Kencur 1 ruas
Bawang putih 1 siung
Daun jeruk 2 lembar kecil
Garam ¼ sdt
Gula semut 10 gr
Cara membuat :
Haluskan bawang putih, kencur, daun jeruk dan garam hingga lembut, sangria di teflon sampai harum, lalu campurkan dengan peanut butter dan gula semut, tambahkan air hingga kekentalan nya seperti sambel pecel pada umumnya, sajikan.
Di sini aku pake sayuran yang simple banget, dan dia mentah nggak di kukus, ada selada dan tomat cherry, peacher bebas bisa ganti ganti sayuran yang peacher suka, bisa pake taoge, timun, kol, kemangi, kacang panjang, bebas deh.
Terus kalau biasanya disajian pecel ada telur ceplok atau telur dadar, disini aku pake 1 butir telur rebus aja. Dan disantap dengan karbo kompleks nasi merah.

GARANG ASEM 


Selanjutnya ini adalah menu rebusan, kalau bosen dengan menu sayuran rebus yang hambar, bisa deh dikasih bumbu dikit biar seger dan lebih nikmat. Garang asem ini sudah aku modifikasi jadi lebih lean dan low GI, yuk langsung aja :

bahan :
Dada ayam ( potong2 kecil)
Tomat hijau potong kecil memanjang, (lebih seger pake belimbing wuluh, tapi aq ga punya, so pake tomat ijo aja)
1 sdm air asam Jawa
1 sdm gula semut
3 buah cabe merah
3 buah cabe hijau
1 siung bawang merah dan putih
Salam, Laos, sereh
Garam dan lada
Cara membuat :
Haluskan bawang putih, bawang merah, garam, lalu tumis di teflon, (aq tanpa minyak tapi kalau mau dikasih sedikit ga papa)
Didihkan air, masukkan ayam, rebus hingga matang, masukkan bumbu tumis, tambahkan salam Laos sereh air asam Jawa, gula semut dan terakhir masukkan tomat hijau, masak hingga bumbu meresap, sajikan.
Disini aku santap sama ubi manis yang di kukus.

IKAN PANGGANG


Resep selanjutnya adalah ikan panggang, disini aku pake ikan nila yang agak kecil, tapi peacher bebas bisa masukin ikan apa aja sesuka hati, yuk langsung aja ya…
Bahan bahan :
Ikan nila 300 gr
Bumbu :
Bawang putih 1 siung
Gula merah 5 gr
Garam ¼ sdt
Kecap manis (aku pake bango light) ½ sdm
Cara bikin :
Bersihkan ikan lalu lumuri perasan jeruk nipis biar ga amis,
Haluskan bumbu, lalu lumuri ikan dengan bumbu beserta kecap nya,
Diamkan 15 menit agar meresap,
Panaskan Teflon api kecil, panggang ikan sampai bener bener matang.
Santap dengan nasi merah lalap dan sambel kesukaan. Disini aku pake sambel mentah jadi ga perlu di goreng lagi.

RAWON


Ini tuh menu masakan Indonesia yang paling favorit di rumah. Rawon ini termasuk olahan daging ala nusantara yang kalorinya light peacher, karena dia seperti sup dagung aja, ga pake santen gak pake gula yang berlebih seperti kebanyakan olahan daging nusantara lainnya kayak rendang gule tongseng atau sambel goreng.
Nah, gimana biar kalorinya agak lebih ringan lagi? Yaitu dengan memilih daging sapi yang rendah lemak, biasanya kalau di supermarket bisa pilih daging steak yang tenderloin, nah daging ini lemaknya relative lebih rendah, tapi memang harganya agak mahal peacher. Ini aku memanfaatkan daging idul adha yang masih ada aja sih, hehehe, nah, supaya lemaknya sedikit, pilih daging yang warnanya merah, dan warna putih nya sedikit, semakin sedikit warna putih nya semakin sedikit lemaknya.
Oke itu aja cara mudahnya memilih daging sapi yang lebih rendah lemaknya, langsung aja ke resep RAWON kita ya :
  • 200 gram daging sapi untuk rawon/sandung lamur
  • 600 ml air
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
Bumbu yang dihaluskan
  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 1 butir kemiri
  • ½  sdt ketumbar
  • 2 buah keluwak tua, kukus, ambil isinya
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • ½  sdt garam
  • 2 tangkai daun bawang, potong-potong
  • 30 gram tauge
Cara Membuat
  • Masak daging bersama daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk sampai empuk dan matang. Angkat daging, lalu potong kecil-kecil. Saring rebusan, didihkan lagi bersama irisan daging.
  • Sangrai di teflon bumbu halus bersama irisan daun bawang sampai harum dan matang. Angkat, lalu masukkan ke dalam kaldu daging. Masak dengan api kecil sampai mendidih kembali.
  • Tuang rawon ke dalam mangkuk, tambahkan tauge di atasnya. Sajikan bersama sambal serta emping.
Untuk 2 orang.

PEPES TAHU


Ini dia menu favorit aku bangeet, tahu kan sangat terjangkau dan mudah sekali didapat ya friends, pepes tahu ini rendah kalori, 100 gr tahu hanya 74 kcal aja gaees, dan itu bisa jadi 2 pepes tahu, jadi aku biasanya bikin 4 pepes, dan mau dimakan semua juga amaaan, wuuih puas banget deh, tapi biasanya aku makan 2 juga udah kenyang sih, heheheh…
Oke…langsung aja yaaa…
Bahan bahan :
100 gr tahu kukus lembutkan
1 butir telur
Daun kemangi segenggam
Bumbu :
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
Ketumbar
Garam
Gula semut 5 gr
Cara membuat :
Campurkan tahu dan telur, haluskan bumbu dan campurkan ke adonan tahu, aduk rata, tambahkan daun kemangi, selanjutnya bungkus dengan daun pisang lalu kukus hingga matang. Sajikan.
Gampang banget kan peacher, dan 1 bungkus pepes tahu ini hanya kira kira 80 kcal aja peacher, asiiiik…..

Okeee sekian postingan tentang inspirasi menu makan siang ala nusantara ya ….
Jalan jalan ke instagram aku ya di https://www.instagram.com/peachperfect_page/?hl=id, di sana juga ada banyak info seputar makanan sehat,
Bye….



Komentar