menu sarapan untuk menurunkan berat badan (part1)

MENU SARAPAN
(Untuk menurunkan berat badan)
Part 1


Hi peacher!!!
Halaman kali ini aku akan share beberapa menu sarapan ketika aku diet. Jadi sarapan itu penting banget peacher, biar kita kuat menghadapi kenyataan hidup dan angka timbangan kita, hehehe…
Anyway, udah aku tulis di postingan aku sebelumnya, what I eat to loose weight, tentang jenis2 makanan yang aku pilih buat mempermudah proses penurunan bb, karbo kompleks kayak oatmeal, chia seed, pisang, whole wheat, jadi menu sarapan aku sehari hari.
Oke, langsung aja ke menu yang pertama,

Menu sarapan 1 : chocolate smoothie bowl


Aku suka banget chocolate smoothie bowl ini buat sarapan karna rasanya bener2 kayak makan es krim coklat buat sarapan, manis choclatty creamy lembut, seger, yumm…

Resep chocolate smoothie bowl

Bahan bahan :
Pisang beku (frozen banana) 1 buah
1 cup bayam
1 sdt vanilla bubuk
1 sdm cacao powder (aq biasanya pake black cacao powder merk java, rasanya coklat banget)
1 buah kurma
Susu kedelai 50 ml
I cup batang brokoli yang udah dikukus dan disimpan di kulkas (salah satu life hack memanfaatkan batang brokoli biar ga dibuang, karena kandungan gizi bnya juga bagus)

Cara bikin :
Belander semua bahan, dimulai dari yang cair dan ringan diblender dulu kayak cairan nya dulu di sini aku pake susu kedelai tapi boleh pake air aja atau air jeruk atau air kelapa atau almond milk, oat milk, bebas sih, lalu bayam nya lalu pisang dan batang brokolinya, kurma, jangan lupa cacao powder sama vanilla nya, jangan bingung kalau blender kamu agak macet dijalan ya peacher, matikan aja blandernya lalu aduk dengan menggunakan sendok untuk membantu, karna biasanya dia Cuma nyangkut aja, kalau peacher pengen bikin smoothie bowl yang konsistensi atau kekentalannya kayak ice cream lembut gitu usahakan jangan menambahkan air atau cairan terlalu banyak, cukup maksimal 100 ml aja, udah deeh jadiii… simple banget kan. 
Bagian yang seru itu menghias toppingnya, hehehe tapi ini optional banget ya peacher, kalo kamu ga ada waktu atau ga pengen aja gitu, bis di skip dan langsung disnatap aja sarapan ice cream chocolate nya. Hehhe… aq biasanya hias topping pake buah segar kayak strawberry pisang,, kismis, biji wijen, chiaseed, atau almond sliced. Semangkuk smoothie bowl ini mengandung sebanyak kurang lebih 300 hingga 350 kcal aja.
Smoothie bowl ini resepnya fleksibel banget ya, peacher bisa kreatif sesuka hati gonta ganti bahan nya biar seru, next time aku akan share khusus edisi smoothie bowl dan tips and trick bikin smoothiebowl anti gagal.

Menu sarapan 2 : oat pancake


Oatmeal salah satu sumber karbo kompleks yang selalu tersedia di rumah, anak anak juga suka baneget. Dari pada makan cereal kemasan yang tinggi gula dan bikin ngantuk, lebih berfaedah menyantap oatmeal buat sarapan. Oat pancake salah satu menu oatmeal favorit di rumah. Menu oatmeal banyak banget variasinya, ga melulu hanya dicampur susu aja, next aku akan bahas lebih komplit tentang serba serbi oatmeal. Gimanan cara masak oatmeal biar jadi hidangan yang lezaat and ga ngebosenin. Pancake ini low GI, refine sugar free, fluffy empuk, dan enak banget dimakan pas masih anget buat sarapan. Yuummm…

Resep oat pancake 

Bahan bahan :
½ cup oatmeal, aq pake quaker oat yang “quick oat” atau yang bungkusnya biru.
1 butir telur (atau bisa pake 2 putih telur, atau bisa pakai flax egg untuk vegan, next akan aku bahas tentang biji bijian dan manfaatnya ya…)
1 buah pisang, pastikan pisang nya udah supermateng sampai keluar spot2 coklat di kulitnya, karena semakin matang maka akan semakin manis dan lembut pisangnya, kupas dan lembutkan pakai garpu aja sampai bener2 lembut.
½ gelas susu, aku biasanya pake plant based milk kayak susu kedelai atau susu almond, tapi bebas sih mau pake susu apa aja boleh.
½ sdt Cinnamon powder (optional)
¼ sdt baking powder
¼ sdt garam

Cara bikin :
Blender oatmeal sampai jadi tepung (oat flour)
Campurkan semuabahan kering, (baking powder, garam, cinnamon powder, aduk rata)
Di mangkuk terpisah campur semua bahan basah, pisang yang udah dihaluskan, susu, dan telur, aduk hingga rata.
Masukkan bahan basah ke mangkukmbahan kering, aduk hingga tercampur jadi adonan.
Panaskan Teflon, spray dengan oil spray atau bisa juga di usap minyak pake tissue, aq biasanya pake olieve oil atau coconut oil (minyak kelapa bukan minyak sawit, next aku akan bahas tentang dunia perminyakan),
Setelah Teflon panas tuang adonan pancake ke Teflon dengan sendok sayur, buat bulatan, lalu tunggu hingga muncul bubble di permukaan pancake, tandanya pancake sudah siap di balik, balik dengan spatula, lalu masak hingga matang.
Lakukan hingga adonan habis, aku biasanya bisa bikin 6 sampai 7 pancake sekali adonan.
Siap disajikan hangat, disini aku taburin pake almond sliced dan dimakan dengan home made no sugar plain yogurt, enyaaaak…..
Sepiring gedhe pancake ini kurang lebih hanya 350kcal, kenyaang, lezat, penuh gizi, mantap…


Menu sarapan 3 : peanut butter toast


Basicly ini Cuma roti dioles selai kacang aja, hehehe, tapi di sini aku bikin pake home made whole wheat bread, roti tawar gandum utuh home made yang aku bikin pake 100% tepung gandum utuh, dan juga home made peanut butter, tanpa gula tanpa minyak.
Ini menu favorit yang cepet simple dan cepet banget bikin nya, tinggal panggang aja rotinya di Teflon sampai krispi lalu oles pake selai, kalau aku biasanya panggang tanpa minyak, untuk anak anak aku panggang pake butter biar lebih gurih dan wangi.
Setiap weekend aq selalu sempetin meal prep, atau mempersiapkan makanan untuk semingu ke depan, seperti manggang roti gandum, atau bikin tortilla gandum utuh (resep menyusul), bikin peanut butter, susu almond, atau susu kedelai, dan lain lain. Meal prep sangat membantu agar kita bisa tetep fokus makan makanan sehat karena sudah tersedia, dan juga menghemat waktu banget.

Well sekian dulu seri pertama sarapan sehat kali ini.
Tunggu berbagai konten menarik dan informative selanjutnya ya…
Pantengin terus peachperfert
Bye
Sandhy


Komentar

Posting Komentar