resep roti gandum utuh

Resep roti gandum utuh
(tanpa terigu, tanpa butter, tanpa telur, refine sugar free)

Hi peacheer!!!



Kali ini aku akan bahas tentang roti gandum utuh.
Jadi di sini aku mau share resep bikin roti gandum, dengan menggunakan tepung gandum utuh. Apa sih bedanya sama tepung terigu?

Tepung terigu adalah tepung yang tebuat dari biji gandum yang digiling hingga terkelupas kulit arinya, sampai hanya tersisa daging atau inti dari biji gandum yang menghasilkan tekstur tepung yang lembut, dan berwarna lebih putih, karna itu disebut refine flour atau tepung yang di re-fine atau di bikin lebih baik dari segi rasa dan penampilan.

Sedangkan tepung gandum utuh adalah tepung yang dibuat dari biji gandum yang digiling bersama dengan kulit arinya, sehingga teksturnya lebih berserat dan warnanya lebih coklat atau lebih burem dari pada tepung terigu. Tepung gandum utuh mengandung lebih banyak serat dari pada tepung terigu. Dan dia digolongkan sebagai karbohidrat kompleks, karena mengandung lebih banyak nutrisi, sehingga menyediakan sumber tenaga yang lebih sustain dan bikin kita jadi kenyang lebih lama.

Kali ini aku akan share cara membuat roti tawar pake tepung gandum utuh. Dengan membuat roti kita sendiri, maka kita bisa mengontrol bahan bahan yang kita gunakan. Roti ini menggunakan 100% tepung gandum utuh sebagai bahan utama nya, nggak pake gula pasir dan juga butter sehingga lebih light di kalorinya, seiris roti gandum ini mengandung kurang lebih 67kcal saja (jika bibagi 12 iris). Dan karena tinggi serat, makan 2 iris aja udah luar biasa kenyang gaes, plus kenyangnya lebih lama, jadi kalau peacher makan roti ini pas sarapan, dijamin ga cepet laper sampe siang.

Tepung gandum nya aku beli di toko bahan kue, kalau peacher berdomisili di Jogja, peacher bisa ke toko bahan kue INTISARI alamatnya di Jl. Doktor Sutomo No.29, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211, atau bisa juga beli online. Merek yang mudah ditemui yaitu tepung gandum utuh bogasari “taj mahal”.

Oke langsung aja ya, ini dia resep roti gandum utuh nya :
ROTI GANDUM UTUH
Untuk 1 loyang loaf

Bahan:
- 330 gram tepung gandum utuh (whole wheat)
- 2 sdm gula semut (coconut sugar)
- 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok teh ragi instant (pastikan fresh)
- 400 ml air hangat suam kuku

Cara membuat:

Siapkan loyang loaf yang akan peacher gunakan, aq pake loyang teflon. Kalau peacher menggunakan loyang loaf biasa maka olesi permukaan loyang dengan mentega atau olieve oil aja. Sisihkan.
Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung gandum, gula semut dan ragi instant. Aduk-aduk hingga tercampur rata.  Tambahkan garam, aduk rata.
Masukkan air  ke dalam tepung, dengan menggunakan sendok kayu atau spatula aduk hingga menjadi adonan yang tercampur dengan baik. Adonan yang terbentuk basah seperti adonan cake.
Tuangkan adonan ke dalam loyang loaf. Tutup permukaan loyang dengan kain bersih selama 30 menit atau hingga mengembang minimal 2 kali lipat. Jika telah mengembang dua kali lipat sebaiknya segera panggang adonan karena jika terlalu lama dibiarkan mengembang maka pada saat dipanggang roti akan mengembang kemudian kempes kembali meninggalkan permukaan yang cekung.
Panaskan oven 20 menit sebelumnya. Set disuhu 200'C.

Panggang roti selama 15 menit menggunakan suhu tinggi, kemudian turunkan suhu menjadi 180'C dan lanjutkan memanggang selama 30-45 menit atau hingga permukaan roti berwarna kecoklatan dan ketika kita tusukkan lidi di roti tidak ada adonan yang menempel di lidi.

Keluarkan dari oven, lepaskan dari loyang dan dinginkan di rak kawat. Roti siap disajikan...!!!
Tekstur roti gandum utuh ini memang gak sama kayak roti gandum utuh yanga da di supermarket. Dia lebih padat dan berserat. Lebih enak dimakan pas masih baru keluar dari oven. Biasanya, sebelum dimakan lagi aku panggang dulu di Teflon biar dia anget dan krispi lagi.
Sehari hari aku makan roti pas makan siang, atau makan malam, karna roti tergolong makana yg agak berat buat aku, tapi bebas aja sih peacher bisa makan roti ini kapan aja. Berikut beberapa menu makan yang aku bikin pake roti gandum utuh :


(avocado on toast : roti panggang teflon, olesi dengan alpukat yang di hancurkan, dan telur ceplok setengah mateng, taburi dengan garam dan lada hitam. )

(roti gandum panggang teflon, topping : alpukat iris panjang, tumis : dada ayam, tomat cherry dengan saus bbq, dan telur ceplok, taburin dengan garam dan lada hitam).

(roti gandum panggang teflon, topping dengan alpukat telur yg ditabur lada hitam dan garam, dimaem bareng salad : selada, nanas, dada ayam, dan tomat, salad dressing : lemon, madu 1/2 sdt, garam, lada)


(roti gandum utuh panggan teflon, dimakan bareng tumis : dada ayam, nanas, bombay, bawang putih, lada, garam, gula semut, dan pasta tomat)

(lunch box sandwich yang isinya selada, bombay, telur ceplok, saus tomat, dan ada yang aku oles selai kacang)

(roti panggang yang dioles home made peanut butter, plus strawberry segar, resep penut butternya udah pernah aku posting sebelumnya ya...)

Oke, semoga bermanfaat ya….

Bye…

Komentar

Posting Komentar