what i eat to loose 11 kg in 4 to 5 month

WHAT I EAT
TO LOOSE 11KG IN 4 TO 5 MONTH

(menu makan untuk penurunan berat badan)

Hi peacher!!!
Jadi, selain defisit kalori, selama diet aku juga menjaga makanan yang aku makan biar lebih mambantu metabolisme ku jadi biar bisa lebih mudah mencerna dan membakar kalori. Kalau kita terlalu sering makan makanan yang deep fried atau di goreng dengan minyak banyak dan suhu super panas, maka tubuh kita akan lebih sulit mencerna makanan tersebut karena susunan molekulnya udah berubah, jadi lebih kompleks, sehingga bikin pencernaan bekerja agak lebih keras. Kalau kita makan makanan yang proses memasaknya lebih singkat kaya  di rebus cepat, lalu di kukus atau tumis singkat aja maka akan lebih mudah dicerna dan bisa agak membantu proses penurunan berat badan. Tapiii aku tetep pake bumbu peacher jadi tetep pakai gula (gula semut atau coconut sugar) lalu pake garam biasa aja, lada, bawang putih dan rempah2 lainnya, jadi nggak hambar hidup kita ya kaaan….




Walaupun pada prinsipnya kalau kita tetap makan di bawah kalori tdee kita akan tetap bisa turun juga, tetapi alangkah lebih hepi nya tubuh kita kalau bisa bekerja dengan lebih ringan bukan?
Selain proses memasak nya aku juga aware sama jenis makanan nya. Aku selalu berusaha untuk konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, jagung, quinoa, chia seed, oatmeal dan whole wheat atau gandum utuh. Dan menghindari karbohidrat simple seperti nasi putih dan terigu (refine flour). Menghindari bukan berarti memusuhi ya gaees, jadi kalau nggak ada makanan lain atau sedang bertamu atau kondangan ya makan aja sih, yang penting kan intinya “tidak berlebihan” jadi secukupnya aja, selama masih defisit kalori gak usah menderita, pasti bakal turun kok, fleksibel aja.


Kenapa aku makan karbo kompleks?  Karna dia kompleks, hahahha, bukan kompleks kayak hubungan kamu sama mantan lho yah, #eaaaa, jadi karbo kompleks itu mengandung senyawa yang lebih kompleks dari pada karbo simple, karena dia mengandung barbagai macam mikronutrisi seperti zat besi, vitamin B kompleks, tinggi serat dan lain lain, jadi karena dia kompleks tubuh perlu waktu yang agak lebih lama untuk memprosesnya, dipilah pilah dan di distribusikan sesuai kebutuhan tubuh kita, jadi selama proses dicerna ini tubuh kita punya energy terus menerus, atau sustain energy, sehingga kita ga cepet laper, alias kenyang lebih lama, beda dengan karbo simple yang simple banget ya, dia sebagian besar isinya adalah energy atau kalori aja, sehingga lebih cepat diproses menjadi kalori seketika, dan karena tidak segera digunakan atau dibakar dia akan segera disimpan dalam tubuh sebagai cadangan makanan, lalu pas kita butuh tenaga beberapa saat kemudian sumber tenaga nya udah keburu disimpen dalam tubuh, alhasil kita jadi ngantuk dan lemes deh habis makan nasi padang 2 bungkus, hehehe…      
Selain karbo kompleks aku juga makan sayur dan buah yang buanyak, kalau kita pinter milih jenis sayur dan buah maka kita bisa makan buanyaak kenyang tapi dengan kalori yang lebih sedikit, yuummm…


Jangan lupa protein, lean protein seperti dada ayam dan putih telur, tempe, tahu, susu juga membantu tubuh membakar kalori loh, karena untuk mencerna 100gr protein diperlukan 400kcal, waah lumayan ya… protein juga berperan sebagai bahan utama pembentukan otot, jadi kalau peacher pengen kenceng dan singset jangan lupa “haruus” konsumsi protein.

Nah yang satu ini juga harus dimasukkan dalam menu diet kita, lemak, loh kok mau membakar lemak malah makan lemak? Iya tapi yang dikonsumsi adalah lemak baik ya, olieve oil, coconut oil, alpukat, kacang kacangan, biji bijian, karena lemak baik membantu mengurangi lonjakan gula darah dan membantu membuat kita jadi kenyang lebih lama.


Oke itu tadi gambaran pilihan makanan yang aku  makan ketika program penurunan berat badan, dan Alhamdulillah berhasil. Untuk menu makanan nya akan aku share selanjutnya.
Semoga penjelasannya ga terlalu ribet dan mudah dimengerti.
Salam hangat,

Sandhy

Komentar

  1. mba sandhy saya mauuu ngikutin aah makan sehatnya semoga bisa hilang 5-6 kg aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiiii mba ila.... boleh boleh, baca baca semua nya ya, biar jelas cara cara nya, emang agak pake ilmu sains dikit2 siih, tapi it works mbaak... hehhe... semangat yaaa...

      Hapus
  2. Makasih ya mb, inspirasi,,, share lebih banyak donk mb dari minum maupun makanan yg mb makan 😇trimakasih banyak

    BalasHapus

Posting Komentar