ALPUKAT UNTUK DIET

Diet dengan alpukat



Hi peacher !!!
Kali ini aku mau share tentang serba serbi buah alpukat ya. Biasanya kalau lagi diet orang orang lalu menghindari lemak, takut banget sama yang namanya lemak. Kayak buah yang satu ini, alpukat. Alpukat biasanya dihindari ketika diet karena mangandung lemak yang cukup tinggi. Biasanya buah mengandung serta dan rendah kandungan lemaknya, tapi khusus buah alpukat, uniknya, dia tinggi lemak. Tapiiii gak usah takut peacher, lemak dalam alpukat itu adalah lemak baik atau lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh kita bahkan saat kita mau menurunkan berat badan.
Kenapa kita butuh lemak tak jenuh dalam menu sehari hari kita?
1.       Mengurangi * Risiko Penyakit Kardiovaskular
Konsumsi lemak jenuh yang berlebih dapat meningkatkan kadar LDL secara signifikan. LDL yang ikut aliran darah lama kelamaan akan menimbulkan plak pada saluran darah. Akibatnya lambat laun akan timbul penyumbatan yang bisa berakibat fatal pada kesehatan jantung. Lemak tak jenuh yang sifatnya lebih stabil dibandingkan lemak jenuh akan membawa lemak jenuh kembali menuju hati sehingga terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah dapat dihindari.
2. Mengurangi * Risiko Diabetes
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal for Vitamin and Nutrition Research menemukan bahwa mereka yang rutin mengkinsumsi lemak tak jenuh bersama dengan kandungan protein tinggi memiliki risiko terkena diabetes lebih sedikit dalam jangka waktu 9 tahun, dibandingkan yang kekurangan asupan lemak tak jenuh.
3. Meningkatkan rasa “kenyang” lbih lama
Konsumsi lemak tak jenuh tinggi sangat baik untuk program penurunan berat badan karena kemampuan mereka untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Lemak baik juga menjaga keseimbangan kadar glukosa darah yang juga berkontribusi pada perasaan kenyang yang tentu saja penting ketika mencoba menurunkan berat badan.
5. Peningkatan Penyerapan Vitamin
Beberapa vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, vitamin D, E, dan K lebih baik diserap di usus dengan lemak tak jenuh. Vitamin ini disimpan dalam jaringan lemak dan di hati.
6. Sumber Energi Sehat
Karbohidrat, lemak, dan protein adalah makronutrien yang merupakan sumber utama energi dari makanan. Studi menunjukkan bahwa baik protein maupun lemak tak jenuh adalah sumber energi yang paling sehat dan terbaik bagi tubuh manusia.
7. Komposisi Tubuh Lebih Baik
Studi menunjukkan bahwa diet rendah glikemik memiliki efek yang menguntungkan pada komposisi tubuh. Ini berarti bahwa makan diet dengan banyak protein dan lemak tak jenuh bersama karbohidrat rendah glikemik menghasilkan lebih sedikit lemak tubuh dan lebih banyak massa otot.
8. Baik untuk Kesehatan Otak
Makan banyak protein bersama dengan lemak tak jenuh bermanfaat bagi kesehatan otak secara keseluruhan. Tubuh kita membutuhkan jumlah protein dan asam lemak yang cukup untuk mendukung aktivitas enzim dan komunikasi sel antara sel-sel di otak. Asam lemak Omega-3 yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh adalah bagian penting dari komposisi otak dan yang hanya dapat diperoleh dari sumber makanan seperti ikan.
9. Manfaat anti-inflamasi
Penyakit radang sebagian mungkin adalah akibat dari pilihan menu makanan yang kurang seimbang  seperti makan terlalu banyak karbohidrat olahan, trans dan lemak jenuh, dan terlalu sedikit antioksidan. Di sisi lain, memilih sumber karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh yang sehat bersama dengan banyak aktivitas fisik adalah cara yang terbukti untuk melawan peradangan.
10. Memori Berfungsi dengan lenih baik.
Sebagaimana dijelaskan dalam artikel dari Harvard Health Publications, diet tidak sehat yang tinggi lemak jenuh menyebabkan kerja yang buruk dan memori jangka panjang menurut beberapa penelitian dan bahkan dapat mengarah pada pengembangan Alzheimer pada individu yang memiliki kecenderungan genetik. Mengontrol lipid darah, gula, dan tekanan darah dengan protein yang sehat dan diet lemak tak jenuh adalah faktor lain yang membuat memori bekerja dengan lebih baik.
11. Kualitas Tidur Lebih Baik
Mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dapat membantu Anda tidur lebih baik berdasarkan beberapa penelitian. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Patologi Lingkungan, Toksikologi dan Onkologi menemukan bahwa tikus yang diberi lemak tak jenuh tidur dua kali lebih lama daripada tikus yang diberi lemak jenuh. Hal yang sama berlaku untuk kualitas protein. Studi ini menyimpulkan bahwa diet yang diperkaya dengan protein berkualitas tinggi dan lemak tak jenuh mungkin bermanfaat untuk tidur.

Nah, banyak sekali ya peacher manfaat dari lemak tak jenuh. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh bila dikonsumsi rutin dan dalam jumlah sesuai kebutuhan sehari hari kita. Apa saja ya manfaat alpukat untuk kesehatan?
Alpukat adalah buah batu dengan tekstur krim yang tumbuh di iklim hangat. Manfaat kesehatan potensial mereka termasuk memperbaiki pencernaan, mengurangi risiko depresi, dan perlindungan terhadap kanker.
Alpukat adalah satu-satunya buah yang menyediakan sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat (MUFA). Alpukat adalah makanan padat nutrisi alami dan mengandung hampir 20 vitamin dan mineral.

1. Alpukat kaya gizi
Menurut Database National Nutrient USDA, satu porsi (seperlima dari alpukat, sekitar 40 gram) mengandung:
64 kalori
hampir 6 gram lemak
3,4 gram karbohidrat
kurang dari satu gram gula
hampir 3 gram serat
Alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Mereka juga menyediakan lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3.
Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, tapi jangan menghindar! Alpukat penuh dengan lemak yang sehat dan bermanfaat yang membantu Anda tetap kenyang dan kenyang. Saat Anda mengonsumsi lemak, otak Anda menerima sinyal untuk mematikan nafsu makan Anda. Makan lemak memperlambat pemecahan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.
Lemak sangat penting untuk setiap sel dalam tubuh. Makan lemak sehat mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, mineral, dan nutrisi lainnya, dan bahkan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
2. Sehat untuk jantung
Alpukat mengandung 25 miligram per ons sterol tumbuhan alami yang disebut beta-sitosterol. Konsumsi rutin beta-sitosterol dan sterol tumbuhan lainnya telah dilihat untuk membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat.
3. Bagus untuk penglihatan.
Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua phytochemical yang terutama terkonsentrasi di jaringan di mata di mana mereka memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar ultraviolet.
Karena asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan bermanfaat yang larut dalam lemak lainnya, seperti beta-karoten, menambahkan alpukat ke dalam menu makanan peacher sehari hari dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya degenerasi manula terkait usia.
4. Pencegahan osteoporosis
Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang.
Setengah dari alpukat menyediakan sekitar 25 persen dari asupan vitamin K yang direkomendasikan setiap hari.

Nutrisi ini sering diabaikan, tetapi sangat penting untuk kesehatan tulang.
Vitamin K sering disamakan dengan kalsium dan vitamin D ketika memikirkan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, namun, makanan dengan vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium urin.
5. Kanker
Asupan folat yang cukup dari makanan telah menunjukkan harapan dalam melindungi terhadap kanker usus besar, perut, pankreas, dan serviks.
Meskipun mekanisme di balik pengurangan risiko ini saat ini tidak diketahui, para peneliti percaya bahwa folat melindungi terhadap mutasi yang tidak diinginkan dalam DNA dan RNA selama pembelahan sel.
Alpukat bahkan dapat berperan dalam pengobatan kanker, dengan beberapa temuan penelitian bahwa phytochemical yang diekstraksi dari alpukat dapat secara selektif menghambat pertumbuhan sel-sel prakanker dan kanker dan menyebabkan kematian sel-sel kanker, sementara mendorong proliferasi sel-sel sistem kekebalan yang disebut limfosit.
Phytochemical ini juga telah terbukti menurunkan kerusakan kromosom yang disebabkan oleh siklofosfamid, obat kemoterapi.
6. Bayi sehat
Folat juga dikenal sebagai asam folat.
Folat sangat penting untuk kehamilan yang sehat.
Asupan yang memadai mengurangi risiko keguguran dan cacat tabung saraf.
Penelitian terbaru dari McGill University menemukan insiden 30 persen lebih tinggi dari berbagai cacat lahir pada bayi tikus yang dikandung menggunakan sperma dari tikus dengan defisiensi folat dibandingkan dengan tikus yang dikandung menggunakan sperma dari tikus dengan tingkat folat yang kuat.
7. Menurunkan risiko depresi
Makanan yang mengandung folat tingkat tinggi dapat membantu mengurangi risiko depresi karena folat membantu mencegah penumpukan homocysteine, zat yang dapat merusak sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak.
Kelebihan homocysteine ​​juga dapat mengganggu produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.
8. melancarkan pencernaan
Meskipun teksturnya krim, alpukat sebenarnya tinggi serat dengan sekitar 6-7 gram per setengah buah.

Makan makanan dengan serat alami dapat membantu mencegah sembelit, menjaga saluran pencernaan yang sehat, dan menurunkan risiko kanker usus besar.
9. Detoksifikasi alami
Serat yang cukup untuk mempromosikan gerakan usus secara teratur, yang sangat penting untuk ekskresi racun melalui empedu dan kotoran. Studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan juga dapat berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan.
10. Pengobatan osteoporosis
Zat yang disebut saponin, yang ditemukan dalam alpukat, kedelai, dan beberapa makanan nabati lainnya, berhubungan dengan menghilangkan gejala pada osteoarthritis lutut, dengan penelitian lebih lanjut yang direncanakan untuk menentukan efek jangka panjang dari ekstrak yang diisolasi.
11. Aksi antimikroba
Alpukat mengandung zat yang memiliki aktivitas antimikroba, terutama terhadap Escherichia coli, penyebab utama keracunan makanan.
12. Perlindungan dari penyakit kronis
Menurut Departemen Ilmu Penyakit Dalam dan Program Ilmu Gizi Universitas Kentucky, asupan serat tinggi dikaitkan dengan risiko yang secara signifikan lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu. Peningkatan asupan serat juga telah ditunjukkan untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan untuk individu obesitas.

Waaaw segudang manfaat alpukat ini pastinya sayang untuk dilewaktan ya peacher, udah rasanya enak, creamy, manfaatnya banyak lagi, yesss….
Silahkan ke instagram di untuk resep2 masakan yang menggunakan alpukat ya….. ada es kepal milo modifikasi juga loooh….. buruan cuzz ke ig di https://www.instagram.com/peachperfect_page/?hl=id









Selain manfaat kesehatan tubuh, aku juga share tentang manfaat alpukat bagi kesehatan kulit loh, ada resep2 masker nya juga yang bisa di coba kalau peacher pengen kulit nya sehat alami ya… semuanya bisa peacher baca di akun facebook peach perfect di : : https://web.facebook.com/peachperfect.beautypage  ya....

ok
bye...

Komentar